Implementasi Ajenti Control Panel Hosting


Kembali lagi bersama saya Admin-P0i. Kali ini saya akan memberikan kegunaan dari Ajenti Control Panel Hosting untuk mengakses dengan device lain dan mengcontrolnya. Tanpa basa-basi lagi kita lanjut saja ke praktikum nya.
Jangan lupa baca : Installasi Ajenti Pada Debian 9

PRAKTIKUM 1 (CONTROL AJENTI DARI ANDROID)


Untuk praktikum ini kita akan mengkontrol Ajenti Control Panel menggunakan Android dengan satu jaringan yang sama yaitu Wireless.

1. Cek Ip Address

Buka Terminal dan ketik "ifconfig" setelah itu cari Ip Address yang kita dapatkan dari DHCP router wifi.(Ip Address yang saya dapatkan adalah 192.168.21.111)


2. Masuk Kedalam Ajenti

Setelah itu masuk kedalam browser android kita kemudian ketikan "https://IP_Address_kita:8000" setelah itu kita akan masuk kedalam web login dari Ajenti dan masukan Username : root Password : password_root_kalian setelah itu klik login (Note : Saya menggunakan user root dikarenakan untuk meng update package dan menginstall aplikasi diperlukan akses root)

3. Install Aplikasi

Buka Terminal di dashboard Ajenti




Setelah itu ketikan perintah untuk menginstall aplikasi (Note : Saya disini menginstall vsftpd sekalian untuk menguji ftp client yang ada di android saya)


Klik logo segitiga putih dan tunggu sampai selesai, jika sudah selesai akan muncul seperti ini.

PRAKTIKUM 2 (KONFIGURASI FTP SERVER MENGGUNAKAN AJENTI)

1. Cek FTP Server

Untuk Mengecek FTP Server sudah terpasang bisa masuk kedalam menu Service dan search "vsftpd"

2. Konfigurasi FTP Server

Masuk ke menu file manager di dashboard ajenti



Setelah itu buka file /etc

buka file vsftpd.conf

Edit dengan notepad

Cari bagian Anonymous (Note : disini saya membiarkan tetap NO karena saya menggunakan access wifi public untuk test FTP Server)

Setelah itu Save dan restart vsftpd pada menu service

3. Test FTP Server pada Android

(Note : Saya disini menggunakan aplikasi ES File Explore yang versi PRO.)

Buka FTP pada Network


Pilih Tanda Plus dan Masukan Ip Address beserna username password linux kalian setelah itu pilih OK (Note : username dan password yang saya masukan bukan user ROOT)

setelah itu akan muncul file FTP kalian



Sekian Praktikum / Implementasi Ajenti Control Panel Hosting.

Jangan Lupa Baca : Installasi FTP Server Pada Debian 9

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Implementasi Ajenti Control Panel Hosting"

Post a Comment

Jangan Spam Di Kolom Komentar